3 Kunci Utama SEO (Search Engine Optimized)

3 kunci utama dalam seo

3 Kunci Utama SEO (Search Engine Optimized)

Dalam dunia SEO ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi rangking di search engine. Bahkan MOZ menjabarkan ada lebih dari seratus factor dalam dunia SEO dimana semua faktor-faktor tersebut akan mempengaruhi posisi sebuah website, atu lebih spesifikasi, posisi halaman web yang memuat sebuah kata kunci dalam search engine. Cara belajar SEO dengan baik adalah mengetahui atau memperhatikan hal-hal dasar tentang SEO itu sendiri.

Nah, dari sekian banyak faktor itu bisa disimpulkan 3 kunci utama dalam SEO

Apa itu?

1. Riset kata kunci

2. Konten

3. Optimasi (Backlinking is the main factor).

Mari kita bahas satu persatu:

Riset.

Riset kata kunci adalah sebuah keharusan, bahkan bagi pemula merupakan sebuah kewajiban. Mengapa demikian? Karena riset kata kunci adalah pondasi utama dalam membangun sebuah website yang profitable. Salah dalam meriset kata kunci dari awal, maka anda hanya akan membuang-buang waktu dan tenaga.

Bagaimana caranya? Hitung kekuatan anda dan lawan anda. Pahami kekuatan diri sendiri. Jika anda masih pemula maka cari saingan yang kecil saja dulu. Berbeda dengan mereka yang sudah lama berkecimpung dalam SEO dan sudah expert, riset kata kunci sambil merem pun mereka bisa menaikkannya di search engine.

Di sini pengetahun tentang kemampuan diri sangat penting, jangan memaksakan diri untuk bersaing dengan Keywords yang kompetitif. Seperti memasuki medan peperangan, ilmu dan pengalaman adalah senjata utama. Jika tidak memiliki senjata yang cukup, maka anda akan mati di tengah jalan.

Jika anda konsisten dan rajin meriset kata kunci, tidak menutup kemungkinan anda bisa mendapatkan kata kunci dengan banyak pencari namun low competition.

Konten.

Tulislah konten yang berkualitas. Dan selalu hindari konten copas jika anda ingin bertahan lama di search engine. Menulislah untuk human, bukan untuk mesin. Content is king. Buatlah konten minimal 500-1000 kata. Semakin detail anda menulis artikel maka akan semakin disukai oleh visitor. Namun hindari tulisan panjang bertele-tele. Lebih baik singkat padat dari pada panjang ngawur tidak jelas. Dan lebih baik lagi jika panjang namun padat.

Optimasi (Backlinking is the main factor).

Ini kita bagi menjadi dua: SEO onpage dan SEO offpage.

• SEO onpage.

Konten pada dasarnya masuk dalam kategori teknik seo onpage, namun saya jabarkan tersendiri karena konten sangat penting. Nah, di bagian onpage lakukan optimasi sebaik mungkin. Mulai dari membuat meta title, meta tag, meta description, memasang plugin yang dibutuhkan untuk optimasi onpage seperti plugin seo, plugin agar website loading dengan cepat, dan lain sebagainya.

Jika anda telah melakukan SEO onpage, maka selangkah lagi anda akan berhasil mengalahkan kompetitor anda dengan melakukan tindakan berikutnya yaitu SEO offpage.

• SEO Offpage.

Ada yang bilang bahwa backlink tidak lagi memiliki pengaruh yang signifikan untuk menaikkan kata kunci di serach engine. Itu semua adalah Nonsen. Backlink tetap menjadi faktor utama search engine menaikkan kata kunci terutama google. Tanpa backlink, anda mustahil bisa menduduki peringkat di mesin pencari kecuali jika kata kunci yang dibidik memang saingannya sangat sedikit dimana dengan optimasi onpage saja sudah bisa menaikkan posisi kata kunci di mesin pencari.

Namun untuk kata kunci yang kompetitif, backlink selalu menjadi faktor utama, di samping banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi, untuk menaikkan kata kunci di Search Engine. Apa yang perlu anda perhatikan dalam backlinking? Yaitu, utamakan kualitas dari kuantitas. Anda mendapatkan BackLink dari halaman ber-PR 4 itu lebih baik dari 1000 BackLink dengan PR n/a. Namun demikian kuantitas juga perlu, meski kualitas tetap lebih utama.

Share this post

Comments (9)

  • ajax google apis Reply

    Good day I am so glad I found your web site, I really
    found you by accident, while I was searching on Digg for something else,
    Nonetheless I am here now and would just like to say thank you for a remarkable post and
    a all round enjoyable blog (I also love the theme/design), I don’t have time
    to look over it all at the minute but I have bookmarked it and
    also added your RSS feeds, so when I have time I will be back to
    read much more, Please do keep up the great job.

    March 26, 2015 at 10:22 am
  • Rizal Reply

    saya rasa riset sangat diperlukan untuk memilih gan.

    April 11, 2015 at 3:20 am
  • rb Reply

    sangat setuju bahwa konten is the king,, saya juga suka membaca konten yang di jabarkan saudara

    October 5, 2015 at 7:34 pm
  • Reky Bongso Reply

    Tapi kadang-kadang konten yang kepanjangan bisa bikin pengunjung bingung. Ada tips buat mengatasinya nggak?

    December 10, 2015 at 12:10 am
    • Imam Budianto
      Imam Budianto Reply

      Ga Masalah mas konten panjang asalkan berkualitas.. Jangan buat konten panjang tapi tidak berkualitas seperti bertele-tele dll.. Kalau mau memperpendek konten coba di buat beberapa bagian artikel atau judul, Semoga bermanfaat

      December 12, 2015 at 11:38 am
  • TBI Reply

    Ada yang pernah bilang kalau keyword research itu gak perlu. Sampai sekarang masih gak kepikir kenapa bisa dia berpikir seperti itu

    October 19, 2016 at 8:04 pm
    • BUDI
      BUDI Reply

      Mungkin saja untuk orang yang websitenya tidak ingin di halaman utama mesin pencari 🙂

      October 25, 2016 at 3:15 pm
  • stue Reply

    cukup bermanfaat walaupun agak kurang detail

    March 18, 2017 at 12:30 am
  • Rambe Reply

    Mas, cara riset Keyword yang benar gimana ya?

    September 14, 2017 at 8:45 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *