FAQ

Untuk jaringan komputer atau LAN (Local Area Network) sederhana mengandung beberapa komponen atau perangkat keras yang sangat penting dan merupakan kebutuhan utamanya. Perangkat keras yang dimaksud antara lain adalah:

  1. Komputer yang akan digunakan sebagai Server
  2. Beberapa komputer untuk workstation
  3. NIC (Network Interface Card)
  4. Wireless LAN
  5. HUB atau Swicth yang mendukung F/O
  6. Swicth Wireless
  7. Kabel UTP
  8. Kabel Telepon
  9. Conector RJ45 dan RJ11
  10. VDSL Converter
  11. UPS jika diperlukan

Peralatan tersebut merupakan kebutuhan standar dan harus ada untuk sebuah jaringan. Kemudian apabila jaringan komputer di kantor Anda akan ditingkatkan atau lebih besar lagi harus ditambah beberapa hardware lain seperti

    1. Repeater
    2. Bridge
    3. Router
    4. Gateway

Harga jasa instalasi dan penarikan kabel LAN dihitung per titik, harga jasa ditentukan menggunakan range price ,Harga akan disesuaikan menurut:

  1. Kondisi area instalasi
  2. Jumlah titik (perangkat yang ingin disambungkan dengan LAN)
  3. Panjang penarikan kabel
  4. Jenis kabel
  5. Jenis topologi jaringan yang digunakan,karena semakin rumit jenis topologinya akan menambah peralatan dan menambah biaya juga.

Harga jasa instalasi penarikan kabel LAN pertitik belum termasuk dengan biaya setting dan konfigurasi, namun demikian ini bersifat opsional artinya anda tidak wajib untuk melakukan setting ulang sistem pada MikroTik ataupun Windows Server jika tidak diperlukan.

Ketika akan melakukan instalasi jaringan diperusahan anda,maka harus mengetahui jenis topologi mana yang cocok untuk perusahaan anda.Dalam menentukan jenis topologi jaringan yang akan digunakan dalam perusahaan anda maka harus mempertimbangkan hal ini yaitu: skala jaringan ,tujuan,biaya,dan penggunaannya.

Untuk mengetahui itu tim kami akan melakukan survei terlebih dahulu untuk menentukan jenis topologi yang cocok untuk perusahaan yang anda miliki.

Pengertian Topologi Jaringan komputer adalah metode atau cara yang digunakan agar dapat menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Struktur atau jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya bisa dengan menggunakan kabel ataupun nirkabel (tanpa kabel).

Pada pelaksanaannya, ada beberapa macam topologi jaringan komputer yang digunakan sesuai dengan skala jaringan, tujuan, biaya, dan penggunanya. Beberapa macam topologi jaringan tersebut adalah topologi ring, topologi bus, topologi star, topologi mesh, dan topologi tree.

Masing-masing jenis topologi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga dalam penggunaannya harus benar-benar memperhatikan peruntukkannya.

Jaringan komputer pada hakekatnya adalah dua komputer atau lebih yang terhubung satu dengan yang lainnya. Perangkat yang dapat dihubungkan tidak terbatas pada komputer saja, melainkan termasuk printer dan perangkat-perangkat keras lainnya. Sebagai perhubung dapat digunakan kabel atau media lain yang tidak menggunakan kabel seperti Hos.

Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah supaya data atau informasi yang dibawa oleh transmitter (pengirim) bisa sampai kepada receiver (penerima) dengan tepat, cepat dan akurat.

Dengan adanya jaringan komputer, penggunanya dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran dari jaringan komputer ini sangat dibutuhkan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga dapat memperoleh suatu data yang relevan.

WhatsApp chat