Meniru Cara Berikir Orang-Orang Sukses dalam Berfikir Gila

foto steve jobs

Meniru Cara Berikir Orang-Orang Sukses dalam Berfikir Gila

imam budianto

Foto saat saya sedang Brainstorming

Belakangan ini saya sering melakukan brainstorming bersama team saya. Mengasyikan sekali kalau ide-ide kreatif dari brainstorming bisa di jalankan dan mendapatkan hasil yang di harapakan.

Brainstorming sudah menjadi kebiasaan saya di setiap di pekerjaan atau perusahaan tempat saya bekerja. Saya sangat merasakan banyak manfaat dari bertukar pikiran dengan team, perusahaan advertising biasanya yang paling sering melakukan kegiatan brainstorming dengan sesama team untuk mendapatkan hasil project sesuai yang di harapkan.

Beruntungnya, saya pernah bekerja di perusahaan advertising ternama di Indonesia. Setiap hari saya benar-benar merasakan diri bertambah dan bertambah bernilai karena banyak ilmu yang di serap dari banyak ide-ide yang ada, di tambah lagi lingkungan kerja yang atraktif serta bekerjasama dengan orang-orang yang mempunyai pola pikir luar biasa.

Sedikit cerita :

Dulu pertama kali saya masuk dan bekerja di perusahaan advertising dan bertemu dengan orang-orang yang menurut saya smart, pola pikir yang sekarang saya anut sama sekali jauh dari bayangan. Dulu mungkin bisa di katakan pola pikir saya sangat standart dan sama sekali tidak berkualitas.

imam budianto cara berfikir kreatifc

Setahun saya bergabung dengan lingkungan dan orang-orang yang menurut saya luar biasa, saya merasakan beban yang begitu berat.. serasa kepala mau pecah. Bagaiamana tidak setiap hari harus di paksa berfikir kreatif, kritis dan objektif. saya merasakan beban yang sangat berat saat itu, selama setahun saya bekerja setiap hari saya merasakan kepala pusing yang berlebih.

Dari cara berfikir, di haruskan senang membaca dan kemampuan hard skill yang selalu di tingkatkan setiap harinya membuat gaya dan cara berfikir saya mulai berubah. Setelah saya melewati perjalanan cara berfikir kritis itulah saya benar-benar merasakan manfaat yang begitu besar.

Saat itu saya berusaha open dengan cara befikir yang mungkin over extreme dan saat ini saya merasakan manfaat yang sangat luar biasa untuk hidup saya.

Tidak heran jika banyak orang mengikuti seminar untuk merubah cara berfikir yang oke dengan biaya yang cukup mahal, biasanya paling murah 5 juta per 3jam. itu pun seminar yang paling murah. Kalau seminar yang kelasnya hightlevel rata-rata 8jutaan. Gila kan, Itu seminar untuk merubah cara berfikir lho..! Sudah ada bayangan dong yang saya maksud.

DI JAMAN SEKARANG DIMANA ERA DIGITAL DAN TEKNOLOGI SEMAKIN CANGGIH JIKA MASIH MENGANUT CARA-CARA DENGAN POLA PIKIR LAMA BISA DI PASTIKAN AKAN MENJADI MANUSIA YANG TIDAK BERNILAI DAN BERKUALITAS

Cukup sulit memang untuk memberikan arahan sudut pandang atau sekedar aware dengan pola pikir seperti ini, Namun tetap dapat dilakukan jika ada niat dan setelah itu action.

PERCAYALAH.. JIKA KITA MEMPUNYAI POLA PIKIR YANG OKE DAN KEMAMPUAN HARD SKILL YANG OKE PULA DENGAN SENDIRINYA “YANG LAIN” AKAN MENGIKUTI.

Tidak mudah untuk menjadikan diri berkualitas, bukan karena nilai-nilai sekolah atau kuliah yang rata-rata mendapatkan nilai A. Sekali lagi saya katakan NO..! itu adalah kemampuan yang sangat mudah di lakukan, tinggal belajar saat mau ujian, di pastikan nilainya A..hehe..!

Dulu saat saya belajar gitar setiap hari saya menghabiskan waktu minimal 8jam sehari bahkan rata-rata saya menghabiskan 12jam setiap harinya untuk berlatih gitar, Itu saya lakukan bertahun-tahun.

Apakah Anda Sanggup melakukan itu? Pasti Sanggup Jika Anda Mau!

Saat itu adalah masa dimana selalu ada dilema, Bagaimana tidak disaat teman-teman saya asyik bercanda ria, melakukan hal-hal yang menyenangkan saya malah dalam kamar untuk berlatih gitar di temani puluhan buku gitar, video dan sound distorsi. Tapi memang ada yang harus di korbankan jika ingin mendapatkan sesuatu. Tidak ada yang instan di dunia ini, Anda harus bersusah payah untuk mendapatkan sesuatu, Ingat..Skill Not Buy! 

 

Googleyness

Googleyness

Tahukah Anda Google tidak merekrut karyawan yang mendapatkan nilai A saat sekolah ataupun kuliah, google merekrut orang-orang yang kreatif, smart, bededikasi, konsistensi dan agresif minded. Hampir semua karyawan-karyawan google adalah orang-orang yang cerdas.

Baca selengkapnya Bagaimana Google merekrut karyawan

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg

Bahkan Mark Zuberberg pendiri sekaligus CEO Facebook di Drop Out saat kuliah. Dengan perjuangan yang begitu berat, serta semangat dan kegigihan yang begitu besar Mark berhasil mewujudkan idenya yang dulu pernah di anggap ide aneh alias gila. Sebelum sukses seperti sekarang hampir semua orang yang di kenalnya di ajak gabung untuk bersama-sama mendirikan facebook tidak mau, karena pola pikir mark yang saat itu di anggap aneh. Namun begitulah orang-orang besar memang berasal dari orang-orang yang sebelumnya di acuhkan.

foto steve jobs

Steve Jobs

Cerita lain, pasti Anda kenal dengan Steve Jobs, perjuangan beliaupun sama, banyak orang yang tidak setuju dngan pandangan-pandangan Steve Jobs. Tapi dengan kegigihan akhirnya seluruh dunia tahu siapa steve jobs sekarang.

foto Achmad Zaky bukalapak

Achmad zaky Fonder Bukalapak

Dari indonesiapun ada, Anda pasti tahu dengan E-Commerce BukaLapak.com. Pendirinya bernama Achmad Zaky. Ya dialah yang pontang-panting mendirikan dan membesarkan bukalapak seperti sekarang ini. Saya pernah di undang di salah satu seminar yang salah satu pembicaranya adalah CEO bukalapak ini yaitu Achmad Zaky, Beliau bercerita bagaimana dulu orang memperlakukan dirinya seperti sampah dan tidak ada satu orangpun yang mau mendengar ide-idenya, dianggap sebelah mata.

Saat pertama kali Beliau menjalankan bukalapak di tahun 2010 dia ngalor-ngidul ajak teman dan orang-orang yang di kenalnya untuk bergabung dan menjadi investor atau sekedar memberikan sumbangan sukarela, sama sekali tidak ada satu orangpun yang tertarik dengan ide dan projeknya itu.

Namun dengan kegigihanlah akhirnya bukalapak menjadi E-Commerce yang besar dan sangat di perhitungkan di Indonesia dengan 1,5 juta sampai 2 juta pengunjung setiap harinya dan transaksi yang di bukukan 5-6 miliyar setiap harinya, Angka yang luar biasa bukan?

 

Kesimpulan dari sekelumit cerita-cerita saya di atas adalah

  • Mulailah dari sekarang untuk memikirkan hal-hal yang membuat diri kita berkualitas setiap harinya
  • Mulailah dari sekarang untuk action tidak hanya bicara.
  • Mulailah dari sekarang untuk keras pada diri sendiri (jangan manja/cengeng)
  • Mulailah dari sekarang untuk mempersiapkan kesuksesan di masa datang
  • Mulailah meninggalkan pola pikir yang konvensional
  • Mulailah dari sekarang untuk terus belajar
  • Mulailah dari sekarang untuk open minded
  • Mulailah dari sekarang untuk berfikir modern
  • Mulailah dari sekarang untuk berpola fikir seperti orang-orang di Negara barat (namun jangan di tinggalkan budaya-budaya timur, Ingat hanya pola fikirnya saja yang di tiru)
  • Dan yang terakhir Take Action Now!

 

Share this post

Comments (17)

  • Muhamad Setianto Reply

    Wah inspiring sekali mas ceritanya.. Ya Saya sangat setuju dg pandangan anda. Saya adalah salah satu orang yg dulu di anggap sampah, bahkan oleh keluarga sendiri tp Alhamdulillah skrg saya punya showroom jual beli mobil dan bisa membiayai 4 anak saya kuliah serta kbtuhan lain.. Tekad dan bergaul sama orang yg seperti mas lah saya bisa seperti skrg ini.. maaf malah jd curhat.. senoga mas selalu sukses ya..

    March 19, 2016 at 10:36 pm
    • Imam Budianto
      Imam Budianto Reply

      Ya saya hanya share apa yang menurut saya akan bermanfaat, Ya Pak, biasanya 7 dari 10 orang tidak akan setuju dengan ide atau pemikiran yang out of the box bahkan keluarga sendiri. Alhamdulillah sekarang Anda sudah sukses.. Terima kasih Pak Setianto, Semoga Bapak dan keluarga juga selalu di berikan kesehatan. Amiin..

      March 20, 2016 at 10:39 am
  • Febrian Adiaksa Reply

    Nemu tulisan ini di facebook, Perkenalkan mas Nama saya Febrian. sekarang saya kuliah di salah satu universitas di malang. Ya betul mas, saat saya mengutarakan ide2 saya ke teman kebanyakan dr mereka malah tertawa. saya sudah hampir putus asa buat nemu orang yang sejalan dengan saya. Apakah ada solusi u problem saya ini.. saya tunggu pencerahannya.. hehe

    March 20, 2016 at 11:45 am
    • Imam Budianto
      Imam Budianto Reply

      Ya mas byk teman2 yg share ke facebook. Itu udah biasa mas.. biarkan saja mereka yg tdk setuju dg ide mas febrian. Mas fokus saja untuk meng-goal-kan ide mas.. jangan di ambil pusing toh mereka yg nantinya akan jd followers. solusinya mas tetap konsisten dan fokus dg ide mas, asalkan ide mas itu brillian dan positif, sabar aja nanti pasti mas bakal ketemu orang yg bisa mewujudkan ide mas itu.. Keep Spirit aja 🙂

      March 20, 2016 at 12:15 pm
  • Rianty Reply

    malem2 gini dapet artikel yg oke, bermanfaat banget mas.. thanks. jadi tambah semangat nich..

    March 20, 2016 at 6:57 pm
  • dodiapjianto Reply

    Saya sangat senang membaca artikel mas imam. Semoga saya bisa berfikir kreatif, kaya mas imam, n menjadi manusia yang produktif

    March 21, 2016 at 7:36 am
    • Imam Budianto
      Imam Budianto Reply

      Terma kasih mas dodi, bisa tinggal terapkan saja seperti di atas

      March 21, 2016 at 7:44 am
  • Vina Yulianingsih Reply

    Persaingannya begitu ketat ya mas imam budianto,artikelnya menarik termotivasi semakin sulit semakin menantang dan bersungguh sungguh semoga ada ide kreatif yang muncul setelah membaca artikel mas imam.terima kasih ya ..salam kenal

    June 9, 2016 at 5:40 pm
    • Imam Budianto
      Imam Budianto Reply

      Ya Mba, Tapi tidak ada yang ga mungkin asal berusaha.. 🙂 salam kenal juga

      August 22, 2016 at 4:21 pm
  • Widiya Astuti Reply

    sangat menginspirasi sekali tulisannya, semangat menjadi bertambah.sukses terus untuk mas Imam.

    October 18, 2016 at 1:10 am
    • Imam Budianto
      Imam Budianto Reply

      Alhamdulillah klw membuat mba Widiya jadi Semangat, Terima kasih, sukses juga buat mba Widiya

      October 18, 2016 at 6:17 am
  • jeo Reply

    Terima kasih gan sangat bermanfaat

    November 10, 2016 at 7:36 am
  • Frutablend Reply

    Terima kasih telah share inspirasinya mas budi, saya menjadi lebih bersemangat untuk mewujudkan mimpi saya.

    December 8, 2016 at 11:37 am
    • BUDI
      BUDI Reply

      sama2, Semoga cepat tercapai mimpinya..

      December 9, 2016 at 10:17 am
  • Roidatull Yuanwar Reply

    bermanfaat sekali.. jadi fresh dan kebuka fikiran saya..

    February 18, 2017 at 4:14 am
  • hadi Reply

    bagus2 artikelnya, dari mulai di medium sampai saya buka ke link.nya kesini. pola fikir harus betul2 gila dan diluar standart.

    saya lanjut baca artikel lainnya ya.

    October 18, 2017 at 1:13 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *