Cara Menentukan Keyword Yang Tepat Untuk Website Anda

cara menentukan keyword seo dan cara mencari long tail keyword

Cara Menentukan Keyword Yang Tepat Untuk Website Anda

Bagaimana menentukan keyword yang tepat untuk website Anda ?

Bagaimana kita bisa mengetahui sebuah keyword yang banyak dicari orang ?

Jika Anda mengoptimalkan website untuk keyword salah bisa berakibat fatal. Meskipun website Anda berada di posisi paling atas pada halaman pertama, tetap saja tidak berguna sebab keyword yang Anda optimalkan tidak pernah dicari orang.

Sebelum anda menentukan keyword untuk website anda sebaiknya anda tahu cara mencari keyword yang tepat. Cara mencari long tail keyword adalah hal yang paling bagus agar keyword yang anda bidik selalu bertahan di pnecarian google.

Cara riset keyword, anda dapat menggunakan beberapa tools yang tersebar di internet. Cara memilih kata kunci ini perlu anda cermati karena ini adalah hal yang paling penting.

Cara yang biasa saya lakukan adalah dengan menggunakan tools seperti yang disediakan WordTracker.com, keywordtool.io ataupun Google Keyword Planer 3 Situs alat bantu ini memiliki database keyword-keyword populer berdasarkan data dari beberapa search engine utama.

Anda tinggal mengetikkan topik dari content website Anda, dan dalam beberapa saat Alat tersebut bisa memberikan keyword-keyword yang berhubungan dengan topik tersebut.

Sebagai contoh, saya memasukkan kata MP3 dan Google Keyword Planer bisa memberikan alternatif keyword seperti ini :
– mp3
– free mp3 downloads
– free mp3
– free mp3 music download
– mp3 downloads
– mp3 players
– mp3 midi
– free mp3 music
– free mp3s
– mp3 player …

Layanan dari Google sangat berguna untuk merencanakan sebuah kata kunci dari website. Tapi untuk melakukan itu anda butuh pengetahuan tentang trend google atau setidaknya anda mengerti cara kerja google untuk sebuah keyword, dan untuk mempelajarinya anda membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Anda harus mempunyai komitmen, konsisten dan dedikasi yang cukup besar karena algortima google berubah-ubah oleh karena itu disini di butuhkan kejelian membaca atau mereset kata kunci atau keyword.

Faktor lain yang perlu Anda perhatikan adalah jangan sampai ada broken link atau javascript error pada website Anda. Faktor ini sangat fatal dan juga akan menjadi pertimbangan search engine untuk menentukan rangking.

Faktor Eksternal

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, faktor internal lebih berkaitan dengan hal-hal yang ada dalam sebuah website.

Faktor internal dapat dimanipulasi, sehingga search engine tidak mungkin menggunakannya 100% sebagai acuan untuk menghasilkan hasil pencarian yang berkualitas.

Manipulasi yang dimaksud adalah spamming, seperti penulisan content menggunakan keyword yang diulang-ulang secara berlebihan, penulisan teks yang warnanya sama dengan warna background sehingga pengunjung tidak dapat membacanya.

Hal-hal semacam ini tujuannya tidak lain untuk mengecoh crawler. Tapi hati-hati jika ini sering di lakukakn dalam beberapa konten di website yang sama bisa di anggap sebagai metode Blackhat.

Untuk mengatasi masalah ini, search engine menggunakan faktor eksternal sebagai acuan relevansi antara content website dan keyword.

Faktor yang dimaksud adalah link popularity, Meskipun google saat ini tidak melihat dari kuantitas link tapi yahoo atau bing masih menggunakan quantity link sebagai acuan index mereka.

Link popularity yaitu banyaknya link dari website lain yang mengarah ke website Anda. Kita ambil contoh situs wintarink.com Karena isinya yang menarik dan bermanfaat, maka banyak pemilik website lain yang memasang link mengarah ke winstarlink.com kita anggap saja jumlahnya 100 link.

Karena 100 link ini berasal dari luar domain winstarlink.com, maka nilai link inilah yang diperhitungkan oleh search engine yahoo atau bing. Semakin banyak link dari luar, berarti nilai link popularity-nya semakin besar. Menurut anggapan search engine, semakin banyak sebuah website di-link, semakin baik pula content yang dimiliki.

Link popularity sudah umum dipakai acuan oleh search engine. Salah satu pelopornya adalah Google yang saat ini menjangkau lebih dari 70% pengguna internet di seluruh dunia. Oleh Google, teknologi ini mereka sebut PageRank.

Anda bisa melihat nilai PageRank sebuah website dengan menginstall Google Toolbar yang ada di :http://toolbar.google.com (saat ini hanya untuk browser Internet Explorer).

PageRank ditunjukkan oleh bar berwarna hijau dengan nilai antara 0 – 10. Semakin besar nilai PageRank suatu situs, semakin baik pula posisinya di Google.

Namun perhitungan link popularity tidak hanya melihat kuantitas semata, melainkan kualitas link juga sangat diperhitungkan. Contohnya jika website Anda di-link oleh Yahoo, nilai link popularity-nya bisa lebih besar daripada di-link oleh 100 website pribadi, Dan sekali lagi, Google menganggap link dari sebuah website dengan nilai PageRank 8 jauh lebih baik dari 5 website yang hanya memiliki PageRank 1.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mengumpulkan link untuk website Anda ?  

Secara natural link akan di dapat jika website Anda memiliki sesuatu yang berguna atau bermanfaat bagi pengunjung. Jika kita hendak memasang link ke website lain, tentu kita ingin menunjukkan suatu informasi untuk pengunjung situs kita.

Tidak mungkin memasang link hanya untuk iseng, atau tanpa tujuan. Contohnya, jika Anda memiliki sebuah toko online dengan produk sepatu, hendaknya Anda tidak hanya menampilkan informasi mengenai harga dan kemampuan produk saja.

Buatlah halaman khusus yang berisi tips & trik cara merawat sepatu misalnya. Tentu informasi seperti ini akan sangat berguna bagi pengunjung Anda.

Berkaitan dengan link, tidak semua jenis link bisa meningkatkan link popularity. Link yang diperhitungkan adalah link standar dengan menggunakan tag <a href>. Contohnya :

<a href=”http://www.winstarlink.com”>situs konsultan seo indonesia</a>

Pada contoh diatas, kalimat “situs konsultan seo Indonesia” juga diperhitungkan, sehingga dalam kasus ini situs winstarlink.com memiliki peluang besar untuk keyword “konsultan seo” atau “Situs konsultan seo” dan juga “Situs seo Indonesia”. Sedangkan link seperti contoh dibawah ini tidak akan berguna, sebab bersifat redirect :

<a href=”http://www.promosi-web.com/redir.php?site=winstarlink.com”>Situs konsultan seo indonesia</a>

Kesimpulan

Dengan memadukan faktor internal dan eksternal diatas, maka proses SEO dapat dipastikan akan berjalan dengan baik. Namun kesabaran, dedikasi, komitmen dan konsisten Anda sangat dibutuhkan sebab dalam dunia SEO tidak ada proses instan.

Semuanya memerlukan waktu dan kerja keras. Kita hanya bisa membuat perkiraan mengenai cara kerja search engine secara teknis, sedangkan secara pasti hanya Google atau Algoritma yang tahu. Mereka tidak akan membocorkan rahasia dapur kepada publik.

Berdasarkan pengalaman saya, dari beberapa website yang saya optimasi dengan teknik penulisan artikel yang benar hampir semua ada di page 1 dengan sedikit backlink bahkan beberapa tanpa backlink.

Share this post

Comments (3)

  • Nafarin, SSTP, M.Si Reply

    artikel yang sangat bagus buat saya yang sedang belajar tentang seo. mau nanya ne mas, blog saya http://www.matadunia.net pengunjungnya sepi banget mas, padahal sudah age domain dan hampir 2 tahun saya mengelola blog saya. apa ya mas masalahnya?

    October 15, 2016 at 11:19 pm
    • Imam Budianto
      Imam Budianto Reply

      Apakah dari sisi SEO offpage dan onpage udah sesuai mas? klw saya lihat dari sisi penulisannya kurang SEO friendly mas, gaya pengaturan penulisannya terlalu datar. Dari sisi desain sepertinya warna biru tua terlalu menonjol dan kurang enak di mata (melihat dari user experience). Itu hanya pendapat saya klw tidak cocok abaikan saja 🙂 Mudah2an membantu..

      October 18, 2016 at 6:26 am
  • Randall Reply

    Hello there! This poswt couldn’t be writtyen any better!
    Reading this post reminbds me of my previous room
    mate! He always kept talking about this.
    I will forward this page to him. Pretty sure he will have a good read.
    Many thanks for sharing!

    February 22, 2017 at 11:43 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *